Mengenai VOCALOTONIX

Updated: Jun 11, 2019

Hi,

So... Gw mengupload 3 buah cover song dengan VOCALOTONIX sebagai penyanyinya. Apa itu VOCALOTONIX? Sudah pernah gw jelaskan kalau VOCALOTONIX adalah salah satu dari sub-content RJKuker yg menggabungkan 6 vokalis Vocaloid menjadi sebuah grup acapella. (Kasarnya ya semacam Pentatonix tapi pake Vocaloid dah)


Well, sekedar fakta, proses pengerjaan VOCALOTONIX ini agak lebih lama dibandingkan Cover lagu biasa maupun parodi. Apalagi ditambah dengan faktor kesibukan gw sebagai programmer yang sibuk dengan project project web membuat gw semakin menomor dua kan project ini.


Maka dari itu gw bener bener minta maaf banget kalo jadwal gw ngupload udh kaya ngasih gaji bulanan alias cuman sebulan sekali dan itupun di tanggal tanggal awal akhir akhir ini. Gw jujur aja juga pengen banyak upload banyak konten musik Vocaloid dan juga update konten Behind the Scene untuk lagu baru yg gw upload di Blog ini, cuman yaa gitu... sibuk... hehe...


Sejak Februari tanggal 8 sampai waktu gw selesai mengetik konten blog ini, total ada 3 lagu yg gw cover bersama dengan VOCALOTONIX. Memang masih sedikit, namun ketiga konten tersebut ternyata memberikan dampak tersendiri terhadap channel gw. Ada yang antusias sejak awal gw mencoba mengenalkan project ini... ada yang masih belum mengerti tentang project yang gw kerjakan saat ini... ada juga yang merasa "Bodo amat dah lu mau ngupload apaan... yang penting 'Bang video lu mana bang? Kok ga ngupload?'" (namun setelah dia komen gitu dan gw upload konten, kaga ditonton)


Ketiga konten VOCALOTONIX ini bakal gw bahas satu persatu, dimulai dari awal pembuatan, asal mula kenapa gw bikin konten ini, sampai ke hasil engagement kalian dan opini subscriber mengenai konten ini. So here we go:


1. Love Of My Life - Queen

Love of My Life adalah project pertama yg dibuat dan juga project pertama yg gw publikasikan di channel gw. Diupload pada tanggal 8 Februari 2019 dan sampai blog post ini diturunkan, sudah ada 5,089 views dan 5,9k Watchtime. Project ini sebenernya project yang paling mudah menurut gw karena Musical Sheet yang dibuat oleh Stephen Calgaro mudah dibuat dan tidak ada kesalahan vokal yang mayor. Project ini masih menggunakan initial role, dimana Hatsune Miku menjadi Lead Vocal, Rin sebagai Sopran, Megurine Luka menjadi Alto, Len sebagai Tenor, KAITO sebagai Bass, dan Gumi sebagai beat. Sejauh ini, hasilnya masih perfect.


Responsnya menurutku banyak yang positif, meskipun beberapa komentar masih agak "bodoh" menanyakan aplikasi apa yang gw buat padahal sudah jelas banget ditulis di awal video. (Apa jangan-jangan pada nonton di resolusi 144p)

Itu udah gw dilingkarin merah dan jelas banget ditulis di situ. Masih ga keliatan? Cek ke dokter mata deh

Views, Average View Duration, dan Impressions. Sayang tidak sebagus video sebelumnya. Apalagi sebagai faktor tambahan gw agak jarang upload video

2. Avengers

Project kedua yg dirilis. Dan momennya bener bener mepet 1 minggu setelah film Avengers:Endgame rilis. Diupload pada tanggal 10 Mei 2019, mendapat 2,601 views dan 3K watchtime. Ini project VOCALOTONIX tercepat yang gw kerjain. Setelah tanggal 6 Juni gw nonton film Avengers:Endgame, gw langsung secepat kilat nyari Musical Sheet acapella untuk theme song Avengers ini, dan dikerjakan selama 4 hari, (masing masing 1 hari untuk nyari musical sheet, composing, editing video, dan upload kontennya)


Saking cepatnya gw bikin konten ini sampe sadar kalo gw kelupaan Outro videonya.


Maksud hati ingin merebut pasar penikmat Avenger, namun apa daya subsriber gw malah ngilang 8 biji...

3. Bohemian Rhapsody - Queen

Jujur, harusnya konten ini adalah konten masterpiece gw untuk Vocaloid ini, namun hasilnya malah jelek dan justru mengecewakan, padahal banyak sekali yang meminta gw untuk mengcover lagu terbaik dari Queen ini. Entah apa karena mixing gw yang jelek, Tidak ada yang tahu / tidak ada yang suka dengan lagu Queen, atau kurang promosi dan tidak di notice orang lain.

Video ini diupload pada tanggal 7 Juni 2019, (3 hari setelah gw bikin post ini), dan gw agak kecewa dengan statistik yg di dapat: 1.046 views dan 2K Watchtime. Terlalu sedikit dibanding video pendahulu gw yang sering dapet 1K views setelah semalam upload. Padahal gw udh mencoba semaksimal mungkin agar hasilnya maksimal. Meskipun gw menghilangkan GUMI di video tersebut.


Sebenarnya ada 2 project VOCALOTONIX yg gw drop karena alasan tertentu. Diantaranya:

1. New Rules - Dua Lipa, musiknya sudah setengah jalan dan sudah dipreview di Instagram, namun karena tidak ada feedback yang merespons, maka project ini gw drop

2. Country Road Take Me Home, musik Country yang sebenernya cocok diupload saat musim lebaran alias mudik. Ada rencana untuk menjadikan lagu ini Multilanguage (Inggris, Indonesia, dan Jepang) namun di drop karena vokal dan instrumen tidak dapat singkron.


Jujur, semakin ke sini semakin besar effort yang gw keluarkan untuk membuat konten cover VOCALOTONIX ini. Apalagi gw hanya bermodalkan musical notes acapella dari MuseScore saja membuat gw jadi kesulitan untuk membuat konten seperti ini lagi untuk beberapa lagu Indonesia / lagu lainnya yang sempat di request. Itupun yang request belum tentu akan menonton setelah gw upload.


Gw sendiri masih ingin mempertahankan konten ini mengingat ini adalah salah satu dream project gw, namun melihat impresi dan respons yang diberikan tidak menunjukkan ketertarikan terhadap project ini, gw ga bisa ngeprioritasin konten ini lagi.


Beberapa minggu lalu, gw kontak kontakan dengan Content Manager dari MCN gw. Ngebahas masalah ini dan dia ngasih saran ke gw kalo gw harus kembali lagi membuat konten parody seperti dulu lagi, yang gw sendiri sudah meninggalkan konten itu sejak 2018 lalu karena gw merasa konten parody ini sudah tidak relate dengan gw lagi dan malah terkesan kekanak-kanakan. (Dan karena hal itu jugalah subscriber toxic banyak bermunculan dari sini)


So what do you think? Haruskan gw lanjutin konten VOCALOTONIX ini, atau gw drop sekalian dan kembali bermain di konten parodi?

Gw sendiri lebih baik hapus semua video beserta channelnya sekalian.

©2019 by RJKuker.